Apr 10, 2012 - Talks    14 Comments

Salah Jurusan

Pemirsa Blog yg Budiman..

Kali ini gw akan membahas mengenai fenomena yg melanda banyak sekali mahasiswa di tanah air. Salah Jurusan. Bukan mengenai jurusan Kalideres atau jurusan Pulogadung. Tapi jurusan perkuliahan.

Sebenarnya apa yg harus disiapkan calon mahasiswa sebelum masuk kuliah? Informasi? Nilai? Bagi gw yg pertama harus disiapkan adalah mengenal diri sendiri

Bener harus kuliah?
Pertanyaan yg paling basic yg harus dijawab dulu oleh calon mahasiswa. Mau apa setelah kuliah? Kalau anda mau jadi dosen, ya memang harus kuliah. Harus sampai S2 malah. Tapi kalau anda hanya mau berwira usaha, untuk apa kuliah? Sia-sia waktu anda yg harusnya bisa digunakan untuk memulai usaha. Memang tidak selamanya begitu. Banyak wirausahawan yg memulai usahanya dari bangku kuliah. Tapi lebih banyak lagi wirausahawan yg justru baru mulai setelah lulus kuliah. Yg paling aman kalau anda mau berwirausaha, tidak perlu kuliah tapi bergaul lah dengan orang2 kuliahan. Hehe

Kenali dirimu sendiri
Ini adalah hal kedua yg harus diperhatikan setelah anda memutuskan kuliah. Kenali diri anda sendiri. Apakah anda orang yg bisa memaksakan diri terjun ke dalam hal2 yg anda tidak sukai? Atau anda hanya bisa maksimal di hal2 yg anda sukai saja? Pertanyaan ini penting untuk dijawab untuk menentukan jurusan kuliah anda. Dan gw rasa sekolah mulai TK, SD, SMP, SMA, sepertinya sudah cukup untuk menjawab apakah anda bisa memaksakan diri di mata pelajaran – mata pelajaran yg tidak anda sukai.

Anda bisa memaksakan diri
Pilih lah jurusan yg prospeknya luas dan cerah. Sesulit apapun hal2 yg harus anda pelajari di jurusan itu, kalau anda memang yakin bisa memaksakan diri mempelajarinya, HAJAR! Misalnya anda tidak suka Biologi, tapi kalau ternyata selama ini nilai mata pelajaran Biologi anda bagus, tidak ada salahnya anda nekat ambil Kedokteran Umum. Atau anda tidak suka pelajaran matematika, tapi anda bisa mendapat nilai diatas rata-rata untuk pelajaran Matematika, tidak ada salahnya memaksakan diri ambil jurusan Teknik Mesin atau Teknik Elektro. Insyaallah anda akan bisa bertahan sampai selesai. Tapi jangan lupa, selain kuliah, anda harus menyibukkan diri di bidang2 yang merupakan hobi anda. Misalnya anda hobi main musik, ga ada salahnya bikin band iseng2 biar tidak stress.

Anda tidak bisa memaksakan diri
Jika anda tidak pernah bisa memaksakan diri, jangan memaksakan diri. Biaya kuliah itu mahal. Jangan disia-siakan dengan cara sembrono  memilih jurusan. Jika nilai anda selalu dibawah rata2 untuk pelajaran Biologi karena anda tidak suka Biologi, jangan pernah memaksakan diri masuk Kedokteran Umum. Atau nilai matematika anda selalu jelek karena anda tidak suka matematika, jangan sekali2 latah ambil jurusan Teknik Mesin atau Teknik Elektro. Hasilnya anda hanya akan menyerah di tengah jalan.

Cek sylabus
Ini yg jarang calon mahasiswa cek. Cek sylabus jurusan yg anda minati. Sylabus atau nama-nama mata kuliah yg nanti akan anda pelajari dalam jurusan itu. Dari situ bisa ketahuan sebenarnya jurusan tersebut tentang apa. Kadang2 nama2 jurusan hari ini suka mirip-mirip walaupun ternyata isinya beda jauh. Siapa yg tidak bingung ketika menghadapi nama jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Manajemen Informatika, Manajemen Informatika, Sistem Informasi, dsb. Gw sendiri ga ngerti kenapa harus macem2 begitu. Satu hal lagi yg harus diperhatikan adalah: jurusan yg sama, beda universitas beda sylabus walaupun ga terlalu banyak beda nya.

Jangan tergoda prospek jurusan
Banyak artikel2 di internet yg menyebutkan, lulusan jurusan A yg paling tinggi prospeknya, atau lulusan jurusan B, dsb. Jangan tergoda. Itu di luar negeri. Di Indonesia, kebanyakan bukan tergantung jurusan. Tapi tergantung perusahaan tempat anda bekerja. Terutama jika anda bekerja sebagai PNS atau bekerja di BUMN. Apapun jurusan anda, jika anda masuk di angkatan yg sama, dijamin gaji anda akan sama saja dengan teman satu angkatan. Di perusahaan luar negeri hal ini mungkin beda.

Pilih jurusan, Universitas itu nomor dua
Jangan tergoda nama besar universitas semacam ITB, UGM, UI, atau yg lain. Lihat lowongan2 kerja di koran. Apakah ada lowongan yg menyebutkan “Urgently Required, lulusan ITB, sembarang jurusan”? Dijamin ga ada. Yg ada adalah “Urgently required, lulusan S1 jurusan Teknik Informatika, Bla bla bla”. Oleh karena itu, jangan sampai anda punya prinsip, jurusan apa pun yg penting universitas nya beken.

Setelah itu
Setelah anda menentukan jurusan, jangan lupa tanyakan pada mereka yg sudah kuliah di jurusan dari beberapa universitas tentang suka duka nya. Apa plus minusnya. Tanyakan pada mereka tentang biaya, cara pembayarannya, tanyakan tentang dosen2nya, tanyakan tentang lab nya, tanyakan tentang sistem semester pendek, tanyakan tentang ulang-mengulang mata kuliahnya. Dan lain sebagainya.

OK Pemirsa Blog Yang Budiman. Sepertinya itu saja hal2 yang harus anda perhatikan sebelum kuliah. Agar tidak salah jurusan. Salah jurusan itu nyesek. :D

Be Sociable, Share!

14 Comments

  • Saya termasuk orang yang salah jurusan, inginnya jurusan pasuruan-surabaya malah dapat pasuruan-jakarta :D :D

    • woohhhh langsung comment…. >,<

  • Jiah, si boombox ngeblog lagi euy.. :D
    Nek aku ket awal wes yakin jeh, aku salah jurusan mlebu informatika, wakakakakakakaka
    Tak kirone mumet bakal sampai lulus kuliah doang, ternyata terbawa hingga kini hiks hiks hiks

    • mumet wae koyo ngene yo.. nek ora mumet ngeri maneh.. :p

      • Tenanan cak..
        nek oleh milih, ora ning IT.. tapi koyone sejauh iki ora iso..
        Lha kok malah curhat.. :p

  • Gw juga salah ngambil sekolah nih.. Padahal gw pengen smu jurusan arsitek. Soalnya gw suka banguna” gitu dan gw suka ngegambar. Tapi ortu gw nyuruh masuk smu perawat.. Yah gue ngikut aja. Sekarang gw nyesel ding..

  • Gw juga salah ngambil sekolah nih.. Padahal gw pengen smu jurusan arsitek. Soalnya gw suka bangunan” gitu dan gw suka ngegambar. Tapi ortu gw nyuruh masuk smu perawat.. Yah gue ngikut aja. Sekarang gw nyesel ding..

    • Mudah2an Allah menolong org2 yg patuh kepada orang tua nya :)
      Percaya ga percaya, akan ada hikmahnya. Ntar suatu hari kita jg bakal liat klo pilihan org tua itu bnr trnyata. Yg penting bnyk2 berdoa n minta doain org tua. And the magic will happen.. :)

  • sempet merasa salah jurusan waktu semester 1-2..
    abis yg diajarin alpro mulu..

    untung cepet2 ketemu praktikum SO sama matkul jarkom, jadinya gak ngrasa salah jurusan lagi.. :D

    • Wah berarti linux nya jago beud donk :p

  • pengen masuk IT, tapi di indo semua orang serasa pengen masuk IT, gak jadi deh.. haha..

    liatlah nanti.. seberapa banyak yang masuk IT, atau ambil jurusan lain yang masih ada hubungannya dengan IT.. tapi jarang peminatnya..

    • lah minat dan bakat nya kemana?

  • kan saya mau masuk teknik mesin, tapi saya dari SMA, bisa gak tuh.,,? dan apa kita itu harus ada basicnya dulu tentang mesin.,,?

    • bisa lah. langsung aja. yg penting point2 diatas dah dibaca kan?

Leave a comment to Rahmi