Mar 28, 2014 - These Days    No Comments

Aku Marah

marah

“Diri yg sedang marah adalah diri yg sedang kalah melawan realitas yg dihadapi. Marah adalah reaksi saat diri kehilangan ketegasan dan ketenangan saat menghadapi hidup…”

 

Pemirsa Blog yg Budiman

Foto di atas adalah foto salah satu halaman sebuah buku yg gw ambil gambarnya. Saat itu gw sedang marah. Suntuk berat. Kemudian gw jalan2 ke pusat perbelanjaan dan masuk ke sebuah toko buku. Berharap ada buku menarik yg bisa mengalihkan rasa ini. Tiba2 tumpukan buku tersebut ada tepat di hadapan gw di depan pintu masuk. Entah kenapa seolah2 Tuhan tau gw sedang marah. Ralat. Tuhan memang tau. Pasti tau.

Marah itu sangat mudah. Tidak perlu belajar, apalagi kursus atau sekolah. Tidak perlu keahlian khusus untuk marah. Bahkan bayi pun bisa marah. Hewan pun bisa marah. Singkatnya, semua yg bernyawa bisa marah. Marah adalah sesuatu yang wajar. Diri yg sedang marah adalah diri yg sedang kalah melawan realitas yg dihadapi. Marah adalah reaksi saat diri kehilangan ketegasan dan ketenangan saat menghadapi hidup.

Perlu latihan seumur hidup untuk mengatasi rasa marah dengan baik dan benar.

Saat diri sedang marah, biasanya orang akan sulit berkonsentrasi dalam bekerja, belajar, atau pun melakukan kegiatan lain. Marah mencegah kita untuk berpikir jernih. Emosi marah akan menanggapi segala sesuatu dengan pikiran ego, sehingga berpotensi memperumit persoalan dan membuat situasi menjadi lebih buruk.

Menanggapi rasa marah dengan meledak2 bukan lah suatu tindakann yg baik. Akan memperkeruh suasana. Menyimpan rapat2 rasa marah dalam2 juga bukan tindakan yg tepat. Jika dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan penyakit psikologi, yang tentu saja akan mempengaruhi kesehatan fisik.

Lalu bagaimana cara menghadapi rasa marah dengan tepat?

Jangan tanya gw. Gw juga ga tau. Selama ini gw bisa dibilang selalu gagal. Gw ga pernah bisa mengambil sikap ditengah2 antara bersikap reaktif emosional ataupun memendam dalam2 rasa marah ini. Yg gw tau, gw ga pernah boleh mengambil keputusan apapun saat gw marah. Apalagi keputusan yg sifatnya permanen. Karena marah adalah sesuatu yg sifatnya sementara. Tidak ada orang yg sanggup marah-marah dalam jangka waktu yg lama. Jangan pernah mengambil keputusan yg sifatnya permanen ketika sedang merasakan sesuatu yg sifatnya sementara.

Benar Pemirsa.. gw sedang marah..

 

 

 

Be Sociable, Share!

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!