Feb 25, 2012 - Techno Freak    1 Comment

Twitter Fever

Pemirsa blog yg budiman..

Akhir2 ini jejaring sosial Twitter sepertinya semakin naik daun. Hampir semua orang punya akun twitter. Semua hal selalu ditwitter kan. Seleb punya twitter. Pejabat punya twitter. Koran punya twitter. Acara tv punya twitter. Bahkan polisi pun punya twitter. Kalau semua punya twitter, lalu twitter punya apa??

Gw ngomong apa ini..

Dan gw heran, kenapa twitter justru makin digemari. Padahal nyimpen foto-foto dalam galeri ga bisa. Search jg sangat terbatas hasilnya, paling beberapa hari kebelakang aja yg dapet. Ngomong panjang lebar jg ga bisa, cuma 140 karakter. Tapi ya itulah manusia, ga pernah puas. Dikasih dikit minta banyak. Dikasih banyak, bosen. Trus minta dikit lagi.

Keterbatasan yg dimiliki twitter ini sangat potensial menimbulkan kesalahan penggunaan. Entah sengaja dengan maksud cari perhatian, atau memang ga tau. Tapi yg jelas efeknya sama. Mengganggu.

OK berikut beberapa hal yg harus dihindari dan etika yg harus diperhatikan dalam bertwitter.

  1. Bedakan Quote/RT dengan Reply. Ini benar2 kesalahan yg sangat mendasar dalam bertwitter. Biasanya orang2 yg ga tau bedanya adalah orang2 yg baru mengenal twitter. Dan walaupun followers nya banyak, tapi lama kelamaan bakalan berkurang karena twitnya sangat mengganggu. Jika ada seseorang yg mention, dan jawabannya hanya perlu diketahui oleh dia, gunakan reply. Misalnya si A mention si B. Trus si B reply mention si A. Jika si C memfollow A & B, maka twit bales2an tadi akan muncul di timeline si C. Tapi jika si C hanya memfollow salah satunya, maka twit tersebut tidak akan muncul di timeline si C. Apalagi klo si C ga follow si A atau B. Hehe.. Dan jika twit yg perlu kita reply tersebut cukup menarik sehingga semua followers kita perlu tau, gunakan Quote/RT. Bayangkan jika semua reply diganti pake RT. Timeline followers kita bakalan penuh dengan obrolan2 kita dengan orang yg mereka ga kenal. Apalagi klo isinya ga penting. Annoyed. Ibarat ngobrol di telepon tapi hand phone diload speaker dan pake toa di depan mulut. Dan kelakuan orang2 yg kaya gini ni lama2 udah kaya ketek badak aja. Ntar ceritanya gw lanjut dibawah.
  2. Ga usah pake Twit Longer lah.. Gw dah bilang klo pake Twit Longer itu unskilled. Ga keren aja keliatannya. Twit kita bakalan kepotong dan di beberapa karakter terakhir akan digantikan dengan link ke twitlonger. Yg lebih gawat klo kita selalu pake RT dan pake Twit Longer. Pada saat balesan mention kita panjang, nama orang yg kita mention akan ada di bagian akhir twit kita, dan masuk ke dalam link Twit Longer. Jadi ga akan jadi mention. Yg kita mention klo ga mantengin TL bener-bener jg ga akan ngerti klo dimention.
  3. Twitter adalah social media. Jangan membahas masalah pribadi terlalu sering disini. Sekali2 ga papa. Ga semua orang mau mengetahui kehidupan pribadi kita. Atau berantem di muka umum di twitter. Masih mending klo berantemnya pake reply. Klo pake RT lebih gawat lagi. Ibarat berantem sama orang tapi disiarkan live di tv.
  4. Berpikir sebelum ngetwit. Jangan salah ngomong disini atau kita akan dicaci maki baik sama followers, maupun bukan followers. Baik sama orang yg kita kenal maupun yg ga kita kenal. Begitu kita salah ngomong, twit kita akan di retweet atau di RT sama orang lain. Dan semua followers nya akan membaca. Klo di retweet lagi, followers mereka jg akan baca semua. Dan siap2 aja dihujat beramai2.

Dan gw serba salah klo ngadepin orang yg suka nya smua twit di RT. Pertama, kadang mereka klo udah dibilangin, masih tetep aja kaya gt, kecuali klo gw mention, baru mereka reply. Itu gunanya apaaaaa??? Di gw tetep rame kuyaaa…?!! Mau gw unfollow jg ga enak soalnya sodara, temen lah, dsb. Karena gw sumpek liat TL yg kaya gt, akhirnya gw beralih main Facebook. Nah ini yg kedua. Ternyata orang2 itu menghubungkan twitternya dengan akun facebooknya. Jadi di halaman home facebook gw isinya dia semua. Karena tiap dia RT selalu jadi status baru di Facebooknya. Serba salah. Sedih.

Ya udah lah. Mungkin sekian dulu pemirsa. Gw juga masih belajar ngetwit, jadi mungkin masih banyak yg kurang2 dan salah2. Tapi sekali lagi, walaupun gw masih ngelakuin kesalahan, tapi paling tdk gw mengakui itu salah, dan gw berusaha memperbaikinya.

Be Sociable, Share!

1 Comment

  • dan saya tidak punya tweet…..karena saya sudah sweet maka tidak perlu tweet

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!